Menentukan Ketepatan  Entri dengan Analisa Fibonacci

Matematika Klasik Untuk Pasar Modern

Analisa Fibonacci merupakan satu teknikal analisa grafik yang utama sekaligus klasik di antara para analis (teknikal). Juga digunakan oleh kalangan trader pada semua level di seluruh dunia; dari trader independen yang sukses sampai ke trader yang menggunakan sistem otomatis.

Gold Trading

Fibonacci juga biasa digunakan oleh bank investasi dalam catatan riset teknikalnya, dan yang paling penting fibonacci adalah alat paling sederhana dan efektif yang mudah dikuasi para trader

Analisa Fibonacci esensinya berdasarkan pada penggunaan rasio dari urutan angka fibonacci yang terkenal untuk mengidentifikasi level-level kunci harga di pasar. Bentuk analisa yang paling banyak digunakan adalah Fibonacci retracement dan Fibonacci expansion.

Fibonacci Retracement

Fibonacci retracement adalah alat yang sangat membantu trader untuk mengidentifikasi  level support dan resisten. Fibonacci retracement juga sebagai perangkat standar pada platform MT5 dan membantu trader dalam mengukur ayunan harga dan mengidentifikasi level-level kunci di antara ayunan harga yang  mungkin berfungsi sebagai titik balik jika diuji ulang.

Level-level Kunci Fibonacci antara lain:

23.6%, 38.2%, 50%, 61.8%, 78.6% dan 100%.

Pada gambar di atas, Anda bisa melihat aplikasi Fibonacci retracement  pada ayunan harga menurun. Harga turun dari titik A menuju titik B. Harga mulai memantul dari titik B, kita akan menerapkan perangkat Fibonacci retracement dari ayunan harga tertinggi menuju ayunan harga terendah (dan sebaliknya untuk pergerakan naik). Perangkat Fibonacci lantas tertera sebagai level-level kunci untuk dimonitor. Sebagaimana Anda lihat, awalnya harga bergerak menuju  level 50% sebelum naik lebih tinggi dan menguji level 61.8% dan pada akhirnya harga bergerak lebih rendah.

Contoh di atas merupakan cara dasar bagaimana penggunaan perngkat analisis  Fibonacci retracement untuk mengidentifikasi peluang trading. Juga secara khusus membantu tren pasar dan menjadi pedoman bagi trader saat pasar terkoreksi sebelum kembali pada tren semula

Saran Praktis:

Perangkat Fibonacci retracement untuk menetapkan level-level kunci sudah teruji, namun trader semestinya mengidentifikasi konfluensi (persinggungan) antara level-level kunci Fibonacci ratracement dan elemen teknikal lainnya semisal sinyal-sinyal price action, support dan resisten, garis tren atau indikator yang lainnya sebagai pelengkap gagasan untuk trading

Menentukan Konfluensi

Pada contoh di atas, Anda bisa melihat bagaimana konfluensi antara level Fibonacci retracement, yaitu 61.8% dengan garis tren yang membentuk resisten juga. Dan konfluensi (persinggungan) dua resisten tersebut sebagai level terkuat untuk trading.

Fibonacci Ekspansion

Fibonacci ekspansion  adalah alat analisis klasik lainnya. Kita bisa mengukur ayunan harga tetapi bukan untuk menentukan level-level support atau resisten kunci, melainkan berfungsi untuk memproyeksikan target profit.

Namun di sisi lain, bisa juga sebagai support atau resisten yang bisa menjadi titik acuan pembalikan harga, setelah menggapai level tertentu dari Fibonacci retracement

Level-level Kunci Fibonacci Ekspansion antara lain:

100 %, 127%, 161.8% dan 200%

Pada contoh di atas, Anda dapat mengamati pengukuran ayunan harga  EURJPY pada grafik Daily pada saat harga menurun (bearish).  Dimulai dari titik A (Ayunan high pada level 137.499), lantas harga berayun menurun menuju titik B (128.944), lantas terjadi koreksi naik pada titik C ( 133.482).

Dengan perangkat Fibonacci Ekspansion, kita dapat menentukan proyeksi arah pergerakan harga selanjutnya setelah kita menentukan titik C sebagai titik koreksi sekaligus sebagai acuan terakhir untuk proyeksi arah harga selanjutnya, sehingga terbentuklah level-level Fibonacci Ekspansion, seperti tertera yaitu 100% pada level (124.927); 127% (122.617); 161.8% (119.640) dan 200% (116.372)

Dan terlihat harga sempat menyentuh level 100% (124.927), untuk kemudian  bergeliat naik kembali

Sebagai perangkat retracement, Fibonacci bisa digunakan untuk mengidentifikasi konfluensi pada level-level kunci untuk membantu mengenali level-level terkuat sebagai entri posisi.

Lebih jauh perangkat Fibonacci retracement bisa membantu kita mengindentifikasi titik-titik koreksi dari pasar yang sedang bergerak trending (tren searah).

Kesimpulan

Sebagaimana telah diulas, level-level Fibonacci bisa menjadi acuan yang bagus untuk titik entri. Perangkatnya sangat mudah digunakan dan saat kita melacak ayunan harga yang tepat, maka bisa mengidentifikasi level-level pembalikan yang bagus.

Kesederhanaan metode dari analisa teknikal dengan perangkat Fibonacci retracement  bila dipadukan dengan konsep konfluensi dengan sinyal dan atau indikator lainnya sebagai pendekatan trading akan sangat membantu pada saat seorang trader terjun pada pasar forex, yang penuh gejolak.

Fibonacci ekspansion bisa berguna untuk mengidentifikasi zona-zona yang berpotensi terjadinya pembalikan tren dan juga bisa digunakan sebagai  perangkat untuk menetapkan target profit pada saat harga menguji level-level dari Fibonacci ekspansion